Resep Dadar Gulung Dan Cara Membuatnya

Resep Dadar Gulung - Jika mencari kue tradisional rasanya tidak ada habisnya salah satu dari kue tradisional yang akan dengan mudah kita dapatkan adalah dadar gulung. dadar gulung sendiri terdiri dari kulit kue dadar gulung serta isiannya yang biasa kita lihat menggunakan kelapa yang diparud dengan ditambahkan gula baik gula pasir maupun gula merah atau yang lebih dikenal dengan gula jawa karena lebih sering di dapatkan di daerah jawa.

Kue tradisional ini akan sangat mudah bunda dapatkan di pasar tradisional, selain itu jajanan tradisional ini konon berasal dari jogjakarta, citarasa kelapa parud yang enak membuat kue dadar gulung menjadi menu favorit jika bunda sedang mencari jajanan pasar, selian itu kue dadargulung juga sangat mudah dibuat tidak memerlukan bahan-bahan yang merepotkan dan sulit dicari baik di pasar modern maupun di supermarket.

Banyak dari bunda yang tidak suka membuat kue yang satu ini karena kesulitan memarud kelapa atau juga takut melukai tangan bunda apabila menggunakan parud, bunda tidak usah khawatir akan hal itu karena sekarang sudah banyak penjual kelapa parud atau yang lebih dikenal dengan serundeng di daerah saya purwokerto, untuk lebih memberi warna dalam kulit dadar gulung alangkah baiknya bunda menambahkan pewarna makanan namun jangan berlebihan ya bund.

Resep tradisional seperti ini memang sedikt ribet dalam membuatnya, meskipun demikian menurut saya kue seperti ini sangatlah lebih enak dibanding dengan kue cake ataupun kue-kue dari eropa dan amerika. kue ini juga biasanya di jual satuan hargnya sendiri 500-1000. tambahkan juga hiasan seperti taburan cpklat yang dilelehkan, untuk lebih lengkapnya berikut adalah Resep Dadar Gulung Dan Cara Membuatnya.

Bahan Membuat Dadar Gulung

Resep Dadar Gulung
Resep Dadar Gulung

Bahan Kulit
  • 100 gr tepung ketan putih
  • 25 gr tepung beras
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 btr telur
  • 125 ml air
  • 2 sdm minyak
  • Secukupnya pasta pandan
Bahan Isian
  • 200 gr kelapa muda, parut
  • 5 sdm makan gula pasir (kira2)
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lbr daun pandan
  • 100 ml air
Cara Membuat Dadar Gulung
  1. Membuat kulit: campur semua bahan, aduk rata, saring bila bergerindil
  2. Panaskan wajan, oles minyak tipis2 aja. Tunggu hingga panas agar dapat corak khas dadar gulung
  3. Tuang adonan secukupnya ke wajan, putar cepat wajan agar adonan merata, jika wajan sudah panas biasanya ada sedikit bunyi saat adonan dituang,jika adonan sudah berubah warna semua, angkat. 
  4. Kekentalan adonan bisa disesuaikan, jika adonan kulit pertama sudah sesuai keinginan, lanjutkan membuat kulit dadar berikutnya
  5. Membuat unti : masak semua bahan dgn api kecil hingga air menyusut sambil sesekali diaduk, tes rasa
  6. Penyelesaian, ambil selembar kulit, lalu isikan dgn unti, lipat dan gulung seperti risol,
  7. Simpan di lemari pendingin apabila mau disisakan
    Kreasi Dadar Gulung
    Kreasi Dadar Gulung
Meskipun cukup ribet namun kue yang satu ini merupakan salah satu jajanan tradisional favorit, rasanya yang enak semakin pas apabila dijadikan cemilan dipagi hari disajikan dengan kopi atau dengan teh manis sambil berbincang bersama keluarga, selain itu untuk bunda yang menginginkan bisnis kecil-kecilan pastinya kue ini juga cukup menjanjikan jual saja dengan harga 500-1.000 pasti akan laris manis.
Baca Juga : Resep Kerak Telor Khas Jakarta
Salah satu menjaga warisan bangsa adalah salah satunya dengan melestarikan budayanya baik itu seni maupun makanan, dengan tahu resep tradisional ini maka bunda juga turut melestarikan nya ke anak cucu, meskipun cukup ribet namun jik sudah jadi maka rasanya akan sangat istimewa, tambahkan juga gula merah kualitas terbaik pada campuran roti parudnya Resep Dadar Gulung Dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat.

1 Response to "Resep Dadar Gulung Dan Cara Membuatnya"

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel