Aneka Resep Rebung Dan Cara Membuatnya

Aneka Resep Rebung - Salah satu sayur kesukaan saya nih bund, rebung yang merupakan akar atau tunas muda dari bambu ini sudah sejak lama menjadi salah satu sayur yang menggugah selera terlebih jika dimasak dengan pedas dan sajikan saat masih hangat pastinya sayur rebung yang kita anggap remeh akan menjadi masakan favorit, mungkin hanya di kawasan Asia saja yang memasak rebung karena di negara-negara eropa dan amerika mereka tidak menggenal rebung.

Selain dipercayaa nikmat jika di olah dengan benar, ternyata manfaat rebung juga terbilang sangat banyak untuk tubuh kita, sayuran yang di anggap remeh ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita salah satunya adalah dipercaya adanya zat yang baik untuk membunuh sel kangker, kali ini juga kita akan membagikan 3 resep special olahan rebung yang dijamin enak dan kaya akan bumbu dan rempah yang akan semakin menambah nikmat masakan bunda.

Pada umumnya bunda membeli rebung yang sudah terkupas dan sudah bersih, namun jika bunda dekat dengan tanaman rebung dan ingin memetiknya maka sarankami untuk berhati hati pada sisi-sisi kulitnya yang tajam, rebung yang memiliki tekstur cukup keras ini juga bisa di olah dengan cara mereubsnya dahulu, banyak juga yang menggunakan cara ini namun pada saat memasaknya tidak terlalu lama biar tidak hancur karena rebung sebelumnya sudah direbus.

Untuk memilih rebung dengan kualitas terbaik maka kami sarankan untuk menekan teksturnya bila dirasa keras maka tidak usah dibeli bund, karena rebung yang enak bisanya jika ditekan lembut dan bisa hancur, bila bunda membeli rebung namun terlalu tua maka rebung yang nantinya di olah bunda akan memiliki tekstur yang keras dan serat yang padat dan pastinya tidak enak, nah tanpa berlama-lama lagi berikut adalah Aneka Resep Rebung Dan Cara Membuatnya selamat mencoba.
Aneka Resep Rebung
Aneka Resep Rebung
1. Sayur Rebung Pedas
Bahan :
  • 500 gr rebung muda, iris tipis sesuai selera
  • 100 gr udang segar, gunakan dagingnya saja
  • 700 ml santan kental
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
Bumbu Yang Dihaluskan :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit 
  • 2 ruas (2cm) kunyit
Cara Membuat Sayur Rebung Pedas :
  1. langkah pertama Rebus rebung dengan 1 sdm gula pasir hingga matang agar bau dan rasa pahitnya hilang. 
  2. Kemudian Buang air rebusannya dan cuci rebung dengan air hangat. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus, masukkan serai, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk. 
  4. Tumis hingga harum. Masukkan udang tumis hingga berubah warna.
  5. Masukkan santan, garam dan gula secukupnya. 
  6. Masukkan rebung dan masak hingga kuah menyusut atau sampai bumbu meresap.
  7. Siap sajikan dengan nasi hangat.
  8. Sajikan selagi hangat
2. Tumis Rebung Sederhana
Resep Rebung Tumis
Resep Rebung Tumis
Bahan : 
  • 1/4 rebung yg sdh masak
  • bumbu iris:
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 bua hcabe merah besar
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm saos tiram
  • garam Secukupnya
  • lada Secukupnya
  • penyedap Secukupnya
  • air Secukupnya
Cara Membuat Tumis Rebung Sederhana :

  1. cuci bersih rebung potong sesuai selera+
  2. tumis bumbu halus sampai harum 
  3. masukan rebung masukan bahan tambahan, 
  4. masak sampai bumbu meresap,
  5. Cicip Dahulu
  6. angkat dan sajikan
3. Sup Rebung Tanpa Santan
Resep Rebung Tumis
Resep Rebung Tumis

Bahan :
  • 250 gram Rebung 
  • 5 lembar Daun jeruk
  • 4 buah Dada ayam potong kecil
  • 1 1/2 literAir
  • 1 batang Daun bawang
  • 3 siung Bawang putih
  • Merica butir
  • 2 1/2 sdt Garam
  • 1 1/2 sdt Gula pasir
  • 1 sdt Saus tiram 
Cara Membuat Sup Rebung Tanpa Santan :
  1. Rebus rebung dengan air cucian beras dan daun jeruk kira-kira 15 menit. 
  2. Tujuannya untuk menghilangkan bau tajam rebung.
  3. Kaldu: rebus dada ayam dengan api kecil. Saring supaya tidak keruh.
  4. Tumis bawang putih dan merica. 
  5. Masukkan bumbu ke dalam kaldu. Didihkan lagi. Masukkan rebung.
  6. Bubuhkan garam, gula pasir, dan saus tiram. 
  7. masukkan irisan daun bawang goreng.
  8. Sajikan pada mangkok saji.

Rebung yang merupakan tunas muda dari pohon bambu merupakan sayuran yang menurut saya sangat nikmat jika di olah dengan benar, masih belum banyak yang tahu tunas mudah dari sebuah bambu ini akan menghasilkan rasa yang cukup nikmat, sayur rebung juga biasanya di sajikan menjadi sop dengan tambahan santan, atau yang paling simple adalah dengan cara membuat tumis sayur rebung yang pastinya akan pas jika diberi bahan campuran seperi udang dan sossis.
Baca Juga : Resep Es Cream bikin dirumah
Sayur rebung yang merupakan sayur favorit saya karena memiliki tekstur yang terbilang aneh untuk sebuah sayur dan hany sayur rebung yang cocok di sajikan dengan banyak campuran bahan, nah untuk aneka resep menarik lainnya jangan lupa kunjungi kami di lumbung resep blogspot yang selalu menghadirkan resep-resep masakan terbaru dan ter hits, demikian informasi menggenai Aneka Resep Rebung Dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat.

10 Responses to "Aneka Resep Rebung Dan Cara Membuatnya"

  1. Izin bookmark min..
    Kebetulan saya sukak jugak sama rebung..

    ReplyDelete
  2. Ternyata rebung bisa dimasak dengan bumbu yang luar biasa lezat gan

    ReplyDelete
  3. kayanya enak bener. minta tolong pacar buatin ah hahaha

    ReplyDelete
  4. artikel yang sangat bermanfaat ini bisa saya minta tolong ortu masakkan dng resp ini hehe

    ReplyDelete
  5. rebung pedes kayanya enak tuh gan kebetulan saya suka banget ama olahan makanan dari bahan rebung ini dicoba ah dirumah masak rebungnya

    ReplyDelete
  6. mantab min nambah resep masakan emak di dapur, kebetulan saya juga suka rebung.,.

    ReplyDelete
  7. kalo boleh tahu, rebung itu makanan khas dari mana ya ?

    ReplyDelete

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel