Resep Ayam Betutu Bali Bumbu Merah Pedas

Resep Ayam Betutu - Olahan daging ayam memang tak ada matinya, hal ini dapat terlihat dengan banyaknya aneka resep olahan ayam, salah satunya adalah resep kali ini yang merupakan resep dari bali, citarasa bumbu bali yang hadir dalam masakan ayam begitu terasa dengan hadirnya ayam batutu yang hadir dengan rempah yang khas serta rasa pedasnya dikira sangat pas dan mampu menggungah selera kita.

Dalam membuat ayam betutu bunda perlu memperhatikan salah satunya adalah pemilihan ayam yang tepat, pada saat memilih ayam sangat kami sarankan untuk menggunakan ayam jawa yang terkenal merupakan ayam yang menghasilkan daging yang jauh lebih enak dengan serat yang tebal, selain itu ayam jawa yang lebih sehat juga menjadi pilihan yang tepat daripada kita memilih ayam negeri yang hanya memakan dedak dan zat kimia untuk pertumbuhannya.

Olahan rempah-rempah yang ada dalam masakan kali ini sangatlah pas dengan ayam yang digunakan, bumbu dalam masakan bali tak kalah dengan masakan jawa yang terkenal dengan rasa manis nya, masakan bali terasa lebih menunjukan rasa asin pedas jika sobat belum sering merasakan masakan bali pastinya akan sedikit merasakan perbedaan. untuk ayam sendiri kami sarankan untuk menggunakan ayam 1 ekor saja.

Manfaat daun singkong sendiri dapat kita jadikan rujukan melalui kandungan gizinya, namun telah beredar di masyarakat luas bahwa daun singkong ini sangat cocok untuk berbagai pengobatan serta keluhan penyakit. Beberapa nutrisi berharga, tekandung pada daun singkong seperti vitamin B1, vitamin A, asam amino essensial dan karboidrat. Hal ini tentunya menjadikan manfaat daun singkong sangat baik apabila dikonsumsi sebagai menu harian anda.

Salah satu Manfaat Daun singkong merupakan sumber protein nabati yang sangat besar, ia adalah jenis protein nabati yang banyak mengandung vitamin B. Vitamin B sangat diperlukan untuk membangun sel-sel tubuh yang akan membentuk enzim-enzim yang membantu metabolisme tubuh. Manusia secara berkesinambungan, dalam kata lain daun singkong ini membantu proses dalam tubuh manusia.

Tambahan yang tepat dalam membuat resep kali ini salah satunya adalah dengan jeruk nipis untuk menggurangi bau amis daging ayam, cabai merah dan aneka bahan yang lain diharapkan bunda mencuci dahulu bahannya dengan air yang mengalir supaya benar-benar bersih, siapkan juga daun singkong yang masih muda dan usahakan jangan terlalu tua supaya rasanya tetap enak dan tidak keras. berikut Resep Ayam Betutu Bali Bumbu Merah Pedas.

Bahan Membuat Resep Ayam Betutu Bali

Resep Ayam Betutu Bali Bumbu Merah
Resep Ayam Betutu Bali Bumbu Merah
Bahan
  • ayam segar yang masih utuh dan segar 1 ekor saja
  • minyak goreng sebanyak 1 sendok sayur
  • daun singkong muda 150 gr yang sudah dibersihkan
Bumbu halus :
  • cabai merah yang besar 3 buah
  • kemiri yang disangrai 5 butir
  • bawang putih sebanyak 5 siung
  • ketumbar sebanyak 1 sendok teh
  • kunyit sebanyak 2 cm saja
  • cabai rawit merah 75 gr
  • terasi bakar 1 sendok teh
  • serai 1 batang
  • lengkuas 2 cm
  • kencur 3 cm
  • garam 2 sendok teh
  • pala bubuk 1/2 sendok teh
Cara Membuat Ayam Betutu Bali
  1. Rebus daun singkong yang muda sampai lunak lalu diangkat dan diperas
  2. Kemudian potong-potong daun singkong dengan pisau dan sisihkan
  3. Campur bmbu halus dengan minyak goreng sambil diaduk rata
  4. Ambil ayam yang sudah bersih lalu dilumuri dengan bumbu hingga merata dan sisakan sedikit bumbunya
  5. Aduk daun singkong dengan bumbu ayam yang tersisa
  6. Masukkan daun singkong kedalam ayam sambil dibungkus pada bagian luarnya
  7. Kukus ayam yang sudah diolah sampai matang dan empuk
  8. Kurangi kuah bila perlu
Membuat Ayam Betutu
Membuat Ayam Betutu

Cukup mudah bukan bunda membuat masakan khas dari pulau dewata yang satu ini, selain itu dalam membuat masakan yang satu ini juga perlu diperhatikan langkah-langkah pada saat membuatnya, jangan lupa juga takaran dalam membuat ayam khas dari daerah bali ini, karena jika tidak tepat tentunya akan menghasilkan masakan yang kurang pas. jangan lupa sajikan juga dalam keadaan masih hangat dan hangatkan kembali ketika mau dihidangkan.
Baca Juga : Resep Lele Sambal Bakar
Hidangkan ayam betutu ini dengan nasi yang masih hangatyang tentunya akan memberi rasa yang lebih nendang pada masakan yang bunda buat, selain itu meskipun masih jarang pedangang yang menyajikan ayam betutu tidak ada salahnya jika bunda membuatnya sendiri dirumah dan menyajiaknnya pada menu makan malam atau makan siang yang lebih praktis dan enak, demikian Resep Ayam Betutu Bali Bumbu Merah Pedas semoga bisa bermanfaat



8 Responses to "Resep Ayam Betutu Bali Bumbu Merah Pedas"

  1. Mantap, jadi pengen coba buat di rumah :D

    ReplyDelete
  2. benar, makanan berbahan dasar ayam memang sudah merajalela diwarung, depot, rumah makan dll. tapi sangat disayangkan ayam yang dipakai adalah ayam potong yg bisa menimbulkan banyak penyakit jangka panjang. menurut ane sih pilih ayam kampung aja sis biar lebih aman dan gurih juga, dan cabe nya 250gr biar lebih nendang mantabs hehe...

    ReplyDelete
  3. Mantap nih gan, tapi sayang aku nggak suka pedes

    ReplyDelete
  4. jadi kepingin bikin nih min hehehe

    ReplyDelete
  5. Kayaknya enak tu ayam betutu....jadi laper nih abis liat yang diatas

    ReplyDelete

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel