Resep Kerak Telor Dan Cara Membuatnya

Resep Kerak Telor - Pernah datang ke monas? pastinya dengan mudah bunda akan mendapatkan makanan khas dari jakarta yang satu ini, kerak telur yang merupakan masakan tradisional yang  sudah ada sejak jaman Jakarta masih bernama Betawi, cemilan yang ini memang begitu terkenal. selain itu cara membuatnya juga sangat unik, jika membeli cemilan ini dipinggiran jalan pasti bunda akan setia menunggu sampai jadi juga sekalian melihat proses pembuatannya yang unik.

Sama seperti membuat kue atau jajanan tradisional lainnya, membuat kerak telur juga sangatlah membutuhkan bumbu-bumbu yang lumayan banyak, ciri khas masakan indonesia yang kaya akan rempah begitu terasa pada jajanan asal jakarta ini, selain itu penggunaan telur bebek semakin memberi rasa gurih pada setiap sisi kerak telur, nama kerak telur sendiri berasal dari cara pembuatanya yakni dibuat kering seperti kerak.

Meskipun jajanan ini merupakan jajanan yang berasal dari jakarta namun bunda dapat dipastikan tidak akan sulit mencarinya di berbagai daerah di Indonesia, karena jajanan ini sudah banyak kita jumpai, meskipun demikian banyak pedagang yang menjual kerak telor dengan rasa yang biasa dan dapat dikatakan tidak enak, namun sebernarnya jajanan ini begitu pas dilidah citarasa telur dan bumbu taburan beitu pas.

Untuk bunda yang penasaran dengan jajanan yang satu ini maka kami sarankan untuk mencobanya sendiri dirumah, rasanya yang enak pastinya akan sangat disukai anak kecil, terlebih hidangan ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan yang pas disantap bersama keluarga, disajikan selagi hangat serta di padukan dengan minuma seperti teh pahit, nah berikut adalah Resep Kerak Telor Dan Cara Membuatnya :

Cara Membuat Kerak Telur

Resep Kerak Telor Dan Cara Membuatnya
Resep Kerak Telor Dan Cara Membuatnya

Bahan
  • 100 gram beras ketan putih kualitas terbaik
  • 250 ml air
  • 100 gram kelapa parut, sangrai untuk penabur
  • 15 gram ebi udang, seduh, sangrai, dan haluskan
  • 5 butir telur bebek
  • 30 gram bawang merah, goreng kering
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu halus
  • Bawang merah goreng khusus untuk taburan
Bumbu Halus
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 3 cm kencur
  • 1 cm jahe
Cara Membuat Kerak Telur
  1. Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Bubuhkan 1 1/2 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram dengan 3 sendok makan air redaman beras, biarkan hingga agak kering.
  4. Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk.
  5. Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang.
    Resep Sederhana Kerak Telur
    Resep Sederhana Kerak Telur
Bagaimana bunda cara membuat kerak telur memang sedikit ribet, namun akan sangat istimewa jika bunda bisa menghidangkan masakan ini sendiri, caranya memang sedikit sulit namun jika bunda sukses membuatnya maka akan sangat istimewa, hidangan ini juga akan semakin pas bila disajikan dengan sambal colek ataupun dengan kecap yang diberi dengan potongan cabai rawit dan diberi bawang goreng.
Baca Juga : Resep Kue Sus Dengan Vla
Membuat jajanan tradisional seperti ini selain enak juga termasuk memeprtkenalkan budaya sendiri ke generasi kedepan, meskipun kita ketahu masakan dari luar negeri semakin banyak, namun pastinya masakan tersebut tidak seperti masakan dari Indonesia yang kaya akan rempah-rempah, untuk informasi resep masakan dari daerah bunda bisa mengunjungu juga berbagai resep kami di Lumbungresep, demikian informasi menggenai Resep Kerak Telor Dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat.

1 Response to "Resep Kerak Telor Dan Cara Membuatnya"

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel