-->

Resep Tumis Udang Bumbu Kuning Pedas

Resep Tumis Udang - Selain udang laut dalam membuat resep kali ini bunda bisa menggunakan udang air tawar, namun biasanya udang air tawar memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan udang air laut yang memiliki ukuran bisa 2 x lebih besar, serta kandungan gizi pada udang air laut memiliki kandungan gizi yang juga baik untuk Pertumbuhan si buah hati hal ini disebabkan kandungan gizinya lebih banyak.

Menu rumahan yang satu ini pastinya akan dengan mudah bunda temui di deretan rumah makan dipinggiran jalan, bahkan bunda juga akan menjumpai olahan udang seperti ini di restoran seafood, yang pastinya harga yang ditawarkan penjual tidak murah, untuk bunda yang ingin hemat pastinya akan membuat masakan ini sendiri, selain hemat tentunya kebersihan masakan yang bunda buat akan sangat terjamin.

Salah satu kandungan gizi yang dimiliki udang adalah sumber protein Di dalam 100 gram udang segar terdapat kandungan protein sebanyak 20.3 gram yang mampu mencukupi kebutuhan protein harian hingga 41%. Udang juga mempunyai kandungan protein komplek kerena adanya asam amino, serta sebagai sumber vitamin seperti seperti kandungan 4 persen vitamin A, kandungan 5 persen vitamin B6, kandungan 19 persen vitamin B12, kandungan 3 persen vitamin C. juga sebagai sumber mineral yang tinggi.
Resep Tumis Udang Bumbu Kuning Pedas
Resep Tumis Udang Bumbu Kuning Pedas

Selain kandungan gizi yang banyak memakan udang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung karna adanya kandungan asam lemak esensial, serta meningkatkan daya tahan tubuh hal ini dikarenakan adanya omega 3 yag cukup tinggi, serta menjaga kedehatan tulang dan gigi hal ini karena udang memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk tulang, dengan adanya sifan antibiotik pada udang juga memberi sistem kekebalan tubuh nah dengan banyaknya manfaat dari udang pastinya mengkonsumsi udang pada anak-anak sangatlah bermanfaat.

Untuk bunda yang membeli udang pilihlah udang yang masih segar, kalu bisa bunda memilih udang yang masih hidup, jika terpaksa usahakan jangan udang yang sudah kaku dan memiliki bercak-bercak hitam, untuk mencucinya sendiri cucilah dengan air yang mengalir langsung, contoh saja pada air keran, bersihkan sampai pada bagian kaki-kaki udang, jangan lupa buang kepala udang apalagi untuk bunda yang mau membuatkanya untuk anak kecil, brikut adalah Resep Tumis Udang Bumbu Kuning Pedas.

Resep Tumis Udang Bumbu Kuning Pedas
Tumis Udang Pedas
Tumis Udang Pedas

Bahan :
  • 500 gram (1/2kg) udang cuci bersih
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai digeprek
  • 1 buah bawang bombay diiris-iris tipis setengah lingkaran
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • 200 ml air
  • Cabai rawit / sesuai selera 3 buah iris tipis 
  • Minyak untuk menumis bumbu 
Bumbu Halus :
  1. 5 cm kunyit
  2. 3 buah cabe merah keriting
  3. 5 butir bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 3 butir kemiri
  6. 1/2 sdm ketumbar
  7. 1/4 sdt merica butir
  8. Semua bumbu halus dihaluskan dan dijadikan satu

Cara Membuat Tumis Udang Bumbu Kuning Pedas


  • Buang kepala udang dan cuci bersih dengan air mengalir, lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis.
  • Panaskan sedikit minyak untuk menumis, tumis bawang bombay hingga layu, masukkan bumbu halus, daun salam, dan serai, serta aduk-aduk hingga tercium bau harum.
  • Masukkan udang dan masak hingga udang berubah warna ke merahan, tuang air serta aduk rata. Setelah mendidih, beri garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata kemudian masak hingga kuah menyerap dan mengental. Angkat setelah matang dan menu udang bumbu kuning siap untuk disajikan.
  • Sajikan Selagi Hangat.
Udang merupakan hewan laut yang memiliki banyak sekali kandungan kebaikan gizi, untuk bunda yang memiliki anak kecil pastinya membuatkannya udang bumbu kuning akan menambahkan gizi yang baik untuk buah hati bunda, atau untuk bunda yang mengigikan olahan masakan udang yang pedas bunda bisa menambahkan saus pedas pada masakan bunda, atau juga dengan memasukan potongan cabai kedalam tumisan tadi.
Baca Juga : Resep Praktis Wedang Jahe Gula Merah
Resep kali ini sangat mudah dibuat selain itu bahan-bahan membuat resep tumis udang bumbu kuning juga sangat mudah untuk didapatkan, jadi untuk bunda yang berkeinginan membuat resep kali ini tidak usah susah-susah mencari bahannya karena akan dengan mudah menemukannya di pasar-pasar tradisional, atau bahkan udah sekarang sudah ada di supermarket tentunya merupakan udang kualitas super, demikian Resep Tumis Udang Bumbu Kuning Pedas semoga informasi dari kami dapat bermanfaat.



0 Response to "Resep Tumis Udang Bumbu Kuning Pedas"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel