-->

Resep Gulai Ikan Gurame Pedas

Resep Gulai Ikan Gurame - Siapa yang tidak kenal ikan yang satu ini, gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang paling terkenal karena kelezatan dagingnya, disisi lain ikan gurame juga tergolong paling mahal dikelasnya, hal ini semata karena ikan gurame sangat sulit untuk tumbuh besar, butuh waktu lebih dari 8 bulan sebelum gurame bisa dimasak dan memiliki daging yang siap untuk dikonsumsi.

Selain dibuat sebagai Gulai ikan gurame juga banyak memiliki resep pilihan lainnya, hal ini dikarenakan daaging ikan gurame yang memiliki tekstur lembut selain juga enak ikan gurame yang bunda buat pastinya banyak menggandung fitamin yang baik untuk tubuh kita, jangan lupa pada saat memilih ikan gurame sebaiknya bunda membeli ikan yang masih hidup, jika terpaksa sudah mati maka sebaiknya bunda membelinya saat ikan masih lemas dan tidak pucat demi menjaga kesegarannya.

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan di indonesia, dan ikan ini menjadi salah satu ikan yang banyak di konsumsi, karena selain mempunyai rasa yang enak, daging ikan ini juga lumayan banyak. Biasanya harga ikan ini berkisar antara 60-70rb/kg. Sekarang hampir di hampir seluruh restoran seafood menyediakan menu ikan ini, karena banyak yang suka, mulai dari kalangan biasa hingga elit menggemari ikan ini. Dibalik rasa ikan gurame yang enak ikan gurami juga mengandung berbagai manfaat bagi Tubuh.

Selain membantu pertumbuhan otak pada anak-anak dan juga dewasa, protein juga berperan penting dalam pembentukan otot. untuk Usia anak-anak memang lebih mengutamakan rasa makanan dari pada gizinya. Beberapa anak usia balita yang alergi atau tidak suka mengonsumsi susu sapi ataupun ibu. Jika hal itu karena alergi seperti Lactose intoleran maka harus ada makanan pengganti yang memiliki keunggulan sama seperti susu. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan gurame yang memiliki kadar protein tinggi, Berkiut adalah Resep Gulai Ikan Gurame Pedas :

Bahan Resep Gulai Ikan Gurame Pedas

Resep Gulai Ikan Gurame Pedas
Resep Gulai Ikan Gurame Pedas
Bahan :
  • 1 kg ikan gurame, bersihkan lumuri dengan garam dan air jeruk diamkan beberapa saat 
  • 500 ml santan kental bisa juga dengan santan instan
  • 3 bh belimbing wuluh potong bulat-bulat
  • 10 lbr daun kemangi
  • Bumbu gulai ikan gurame:
  • 6 bh bawang merah 
  • 4 bh bawang putih
  • 5 bh kemiri
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 ruas jari jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 lbr daun salam
  • 2 lbr daun jeruk
  • 1 btg sereh geprek
  • 2 bh cabe ijo potong sesuai selera
  • 2 bh cabe merah potong sesuai selera
  • Gula dan garam secukupnya
Cara Membuat
  1. Giling sampai halus bumbu: 6 bh bawang merah , 4 bh bawang putih, 5 bh kemiri, 1 ruas jari kunyit, 2 ruas jari jahe, 1 sdt ketumbar.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama daun salam, daun jeruk dan sereh.
  3. Jika sudah layu dan harum masukkan santan aduk perlahan hingga santan mendidih.
  4. Masukkan ikan gurame, cabe iris, belimbing wuluh jangan lupa tambahkan beberapa potong bawang merah mentah, masak hingga ikan matang.
  5. Terakhir masukkan daun kemangi aduk sebentar, angkat dan sajikan.
  6. Sajikan Selagi Panas
    Gulai Ikan Gurame Pedas
    Gulai Ikan Gurame Pedas
Seperti halnya resep masakan lainnya membuat resep kali ini juga membutuhkan bumbu-bumbu yang cukup banyak, citarasa gurame yang enak di padukan dengan rempah-rempah Indonesia membuat resep kali ini terasa sangat pas untuk hidangan makan malam bersama keluarga, jika bunda suka pedas bunda bisa menambahkan cabai rawit dan cabai merah, ataupun untuk bunda yang suka masam-masam bunda bisa menambahkan belimbing pada masakan bunda.
Baca Juga : Resep Burger Keju Lumer 
Selain mudah resep kali ini juga sangat baik untuk pertumbuhan gizi sang buah hati untuk bunda yang sedang memiliki buah hati berusia balita, pastinya resep seperti ini sangat cocok untuknya, untuk guramenya sendiri bunda bisa menggunakan gurame dengan ukuran paling besar supaya menghasilkan daging yang banyak, serta usahakan bumbunya di giling sampai halus supaya aromanya bisa keluar.

1 Response to "Resep Gulai Ikan Gurame Pedas"

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel