-->

Resep Rendang Daging Sapi Spesial Lebaran

Resep Rendang Daging Spesial Lebaran, hai bunda? siapa yang tidak kenal dengan rendang daging resep yang fenomenal di indonesia, ternyata rendang danging bukan hanya terkenal di indonesia, rendang daging ternyata bukan hanya terkenal di indonesia, rendamg daging juga termasuk masakan yang di gemari di negara timur tengah, termasuk di negara tetangga seperti malaysia dan singapura.

Rendang daging sangat cocok di sajikan untuk lauk berbuka puasa masakan yang terkenal dengan rasa manisnya ini juga termasuk masakan wajib saat lebaran, rasanya yang khas serta kelembutan dagingnya lah yang membuat masakan yang satu ini menjadi salah satu masakan wajib saat lebaran.

Selain rendang sapi ternyata masih banyak varian dari masakan ini contoh saja rendang padang, rendang daging jawa, rendang telur ataupun resep rendang daging ayam yang juga di gemari oleh semua kalangan masyarakat, perlu bunda ketahui dari beberapa varian rendang tersebut ternyata memiliki resep bumbu yang sama, hal yang membedakannya hanyalah pada bahan intinya.

Untuk resep kali ini saya buat sangat simple dengan tujuan untuk bunda yang sedang belajar memasak untuk lebih mudah memahaminya, walaupun resep rendang yang kita buat kali ini sederhana tetapi masalah rasa di jamin enak untuk di santap.


Untuk daging yang di gunakan bunda bisa berimprofisasi sendiri, bunda bisa mengunakan daging sapi ataupun menggantinya dengan daging ayam, untuk resep membuat rendang bumbu yang digunakan biasanya sama biasanya ampir tidak mempunyai perbedaan, untuk perbedaan biasanya hanya terletak pada proses pemasakannya.

Selain bumbu yang perlu di perhatikan menurut saya cara membersihkan daging sapinya pun perlu di perhatikan, jika bunda membersihkan daging sapi mengunakan air, atau bunda merendam daging dengan air untuk menghilangkan darah dan kotorannya menurut saya lebih baik bunda membersihkannya dengan cara di rebus sebentar saja untuk menghilangkan kotorannya, hal ini akan membuat daging sapi terjaga aromanya.

Berikut cara membuat rendang daging sapi spesial lebaran dan  bahan-bahan membuat rendang daging sapi :

Bahan-bahan Membuat Rendang Daging Sapi Special Lebaran

No
Bahan
Takaran
Keterangan
1
Daging sapi
1 kg
Rebus sebentar, lalu potong
2
Batang serai
1 batang
Ambil bagian yang putih
3
Santan
Dari 3 buah kelapa
Pilih kelapa yang tua
4
Daun kunyit
1 lembar
Cuci bersih
5
Asam kandis
1-2 biji
Sebgai penguat rasa
6
Daun jeruk
2-3 buah
Gunakan daun jeruk purut
7
Garam dapur
1 sendok
Pengunaan di sesuaikan
8
Jahe
2 cm
Kupas, Memarkan
9
Bawang merah
10 siung
-
10
Laos
Ukuran 2cm 1buah
Memarkan & potong
11
Bawang putih
5 siung
Kupas kulitnya
12
Cabai merah
5-6 buah
Di sesuaikan dengan selera
13
Kemiri
4 pc
Haluskan

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Special Lebaran

  • Haluskan bumbunya terlebih dahulu.
  • Siapkan ulegan, uleg bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, laos, kemiri uleg sampai halus.
  • Siapkan wajan dengan api sedang, masukan santan dan bumbu yang sudah di uleg, lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur.
  • Masaukan asam kandis, daun jeruk purut, masukan juga batang serai yang sudah di geprek dan masukan juga daun kunyit jika ada.
  • Aduk aduk terus bahan bahan tadi dengan api sedang.
  • Masukan daging sapi, masak sampai dagingnya matang dan santannya berkurang.
  • Jangan lupa masukan garam.
  • Bunda juga bisa menambahkan kecap manis, bila mengingikan masakan bercita rasa manis.
  • Sebelum di angkat cicipi dahulu mungkin kurang garam, atau mungkin kurang pedas.
  • Selesai.
Mudah bukan bunda cara membuat rendang daging sapi, untuk rasa yang lebih maksimal bunda bisa menambahkan kecap manis, untuk pengunaan cabai bunda bisa menguranginya bila mungkin tidak terlalu suka pedas.

Jika bunda kesulitan untuk memperoleh santan, atau tidak bisa memarud kelapa bunda bisa menggantinya dengan santan instan, gunakan santan instan terbaik untuk menghasilakan rendang yang legit.

Kunjungi juga resep-resep unik lainnya seperti Resep Membuat Cimol Kenyal Khas Bandung lihat juga aneka kumpulan masakan indonesia di Resep Indonesia.

0 Response to "Resep Rendang Daging Sapi Spesial Lebaran"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel