-->

Cara Membuat Cimol Kenyal Khas Bandung

Cara Membuat Cimol- Hai bunda? kali ini saya akan berbagi resep membuat cimol khas bandung yang jelas sangat simple dan mudah untuk di buatnya, perlu bunda ketahui cimol merupakan cemilan dari daerah bandung, nama cimol sendiri berasal dari kata aci di gemol dari kata itu menjadi cimol, ciri khas cimol sendiri adalah masakan yang kenyal dan mempunyai bentuk bulat.

Sebagai bumbu tambahan biasanya cimol di beri bumbu tabur, adapun rasa bervariasai dari rasa pedas, asin, keju, balado, pizza dan masih banyak lagi rasa yang lainnya. untuk bumbunya tabur sudah banyak di jumpai di toko kue dan pasar, jadi bunda tidak perlu khuwatir kesulitan mencari bumbu taburnya.

Cimol bukan hanya terkenal di daerah aslinya tapi juga sudah terkenal se antero negeri terbukti dengan banyaknya penjual cimol di pinggiran jalan, cimol yang di jual harganya biasanya variatif mulai dari Rp 100/- per biji.

Cimol lebih enak di sajikan dalam keadaan hangat, pada saat keadaan hangat cimol akan terasa lebih gurih dan kenyal di bagian dalamnya, sedangkan pada saat dingin cimol akan terasa lembek, hal itu di sebabkan cimol mengempis.


Jika bunda masih kesulitan untuk memperoleh bumbu tabur, bunda bisa menggantinya dengan saus atau mayaones, bisa juga dengan kecap yang di beri potongan cabai rawit. untuk kekenyalan cimol sendiri berasal dari aci, aci memberi unsur khas pada cimol selain rasa kenyal aci juga menambah kuat aroma cimol.

Bagi bunda yang penasaran cara membuat cimol yang enak maka kali ini saya akan berbagi cara membuat cimol dan bahan-bahan untuk membuat cimol yang kenyal dan gurih, resep kali ini sedikit saya permudah biar bunda bisa lebih memahaminya.

Selain resep cimol bunda juga bisa melihat berbagai resep kuliner indonesia di lumbungresep.blogspot.com, sebelum membuatnya mari kita persiapkan bahan-bahan untuk membuat cimol.

Bahan-bahan Membuat Cimol Kenyal Khas Bandung

No
Bahan
Takaran
Keterangan
1
Aci
300 gram
Tepung tapioca+ kanji
2
Daun bawang
1 batang
Iris tipis-tipis
3
Minyak
Secukupnya
Untuk menggoreng
4
Aci
Secukupnya
Untuk taburan
5
Bumbu tabor
Secukupnya
Gunakan rasa favorit
6
Air
400 ml
Gunakan air matang
7
Merica
½ sendok kecil
-
8
Ketumbar
1 sendok makan
Haluskan
9
Bawang putih
4 siung
Haluskan
10
Minyak
1 sendok makan
Untuk bahan cimol

Cara Membuat Cimol Kenyal  Khas Bandung

  • Siapkan panci.
  • Masukan 100 gram aci kedalam panci, masukan juga ketumbar dan bawang putih yang sudah di haluskan.
  • Masukan garam Secukupnya Masukan juga 1 sendok makan minyak, aduk sampai semua bahan tercampur rata kedalam panci yang sudah disiapkan bersama adonan acinya.
  • Nyalakan api sambil terus di aduk aduk, angkat ketika sudah mengental dan berwarna keputihan. matikan api, diamkan sebentar
  • Masukan irisan daun bawang kemudian di aduk aduk tambahkan lagi aci 200 gram, aduk lagi tambahkan air sedikit saja sampai adonan kalis.
  • Ambil sedikit adonan lalu buat membulat, setelah banyak taburi dengan aci sedikit saja supaya tidak lengket.
  • Goreng dengan minyak yang banyak, bolak balik agar matang.
  • Selesai.
Nikmti cimol selagi hangat karena bila sudah dingin cimol akan lembek, untuk bahan cocolannya bisa mengunakan sause tomat atau dengan kecap manis dan sedikit irisan cabai rawit. pada proses penggorengannya lebih baik gunakan minyak dengan jumlah yang banyak dan dengan api yang panas.

Selain resep membuat cimol lihat juga aneka Resep Masakan Nusantara dengan ringkasan yang lebih mudah dan bahan-bahan yang sederhana.

Kunjungi juga resep-resep lainnya seperti Resep Bakso Goreng Sederhana.

1 Response to "Cara Membuat Cimol Kenyal Khas Bandung"

  1. cimol jg trmsuk ksukaan ku ni,,, pngen buat tp ... ah sudahlah

    ReplyDelete

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel