-->

Resep Hidangan Berbuka Puasa Cendol Ayu

Resep Hidangan Berbuak Puasa Cendol Ayu,- Masak apa kali ini bunda?, di bulan ramadahan ini pasti bunda di tuntut untuk bisa membuat berbagai macam hidangan makanan, baik untuk berbuka ataupun saat saur pastinya tidak mungkin untuk selalu membeli masakan diluar, yang jelas selain menguras dompet juga pastinya ke higienisan masakan yang bunda beli sangatlah dipertannyakan, lain cerita jika bunda yang membuat sendiri selain higienis juga lebih ekonomis.

Seperti halnya membuat masakan lain nyang berwarna menarik membuat cendol pun mengunakan bahan pewarna, nah untuk menghigieniskan maskan bunda sebagai pewarna makanan kita buat dengan pewarna alami, sebagai pewarna alami kita gunakan daun pandan.


Tidak pas rasanya jika membuat cendol tanpa di campukan air santan, di daerah jawa tengah es cendol yang di campur dengan santan di berinama dawet, dalam membuat dawet santan di campur dengan gula jawa yang sudah di lumerkan. biasanya juga di tambhkan potongan buah seperti nangka.

Hal yang termasuk sulit dalam membuat cendol salah satunya adalah membuat cendolnya, membentuk cendol supaya berbentuk loncong memang dirasa sulit apalagi untuk bunda yang baru mencobanya, akan mudah jika bunda memakai saringan yang lubangnya jarang , atau dengan mengunakan plastik yang di lubangi tengahnya.

Sebelum memebuatnya mari kita perisapkan bahan bahan membuat cendol ayu. 

Bahan-bahan Membuat Cendol Ayu 

No
Bahan
Takaran
Keterangan
1
Tepung Beras
5 Sendok Makan
-
2
Tepung Kanji
3 Sendok Makan
-
3
Tepung Maizena
2 Sendok Makan
-
4
Telur
1 Butir
-
5
Gula Pasir
1 sendok Makan
-
6
Garam
½ sendok the
-
7
Air
300ml
-
8
Daun Pandan
10 lembar
Iris
9
Pasta Pandan
1 Sendok
-
10
Air es
4 gelas
-

 Cara Membuat Cendol Ayu

  • Langkah Pertama blender daun pandan dan beri sedikit air yang sudah disiapkan, lalu saring.
  • Ambil wadah campurkan tepung, garam dan gula pasir.
  • Blender juga semua tepung, gula, garam, pasta pandan, dan telur, blender sampai semua bahan tercampur rata , jangan lupa masukan air sedikit saja.
  • Masak adonan sebentar dengan sedikit air, jangan sampai encer dan membutir.
  • Selanjutnya Masukkan adonan yg pekat kedalam plastik segitiga, ujung plastik di bagi lubang kecil lalu tekan" adonan cendol kedalam air dingin yg berisi es batu.
  • Untuk kuahnya masak santan.
  • Untuk gulanya lumerkan gula merah.
  • Selesai
Tidak terlalu sulit kan bunda, selain enak dan menyegarkan cendol juga bisa bertahan cukup lama asal bunda tau cara menyimpannya. caranya masukan cendol kedalm plastik berisi air lalu taruh di lemari pendingin. selain resep tadi kunjungi juga resep yang lainnya :

Resep Hidangan Berbuka Puasa : Resep Candil Labu Kuning
Resep Hidangan Santap Sahur : Resep Jamur Tiram Bumbu Ketumbar



0 Response to "Resep Hidangan Berbuka Puasa Cendol Ayu"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel