-->

Resep Bubur Sumsum Gula Jawa Menu Berbuka Puasa

Resep Bubur Sumsum Menu Berbuka Puasa,- hai bunda, masak apa hari ini? mungkin pertannyan tadi akan menjawab judul blog saya kali ini, jika bunda masih memilah milah mau membuat cemilan apa untuk menu berbuka puasa hari ini, mungkin resep dari saya akan sedikit membatu, resep yang saya bagikan kali ini adalah resep membuat bubur sumsum, bubur yang satu ini lain dari pada yang lain, kenapa? bubur sumsum merupakan masakan asli indonesia, masakan tradisonal ini terkenal dengan rasa manis, rasa manis yang di berikan dari kuah gula jawa.

Ada banyak pilihan menu buka puasa salah satu pilihannya adalah bubur sumsum, bubur sumsum banyak di jual oleh pedagang yang menjajakan jajanan untuk berbuka puasa, selain enak ternyata membuat bubur sumsum ternyata sangat lah simple, meskipun masakan tradisional ternyata membuat bubur sumsum tidaklah ribet tidak seperti membuat masakan tradisional lainnya yang lama dalam proses pembuattannya, ternyata membuat bubur sumsum sangatlah simple.


Meskipun membuat bubur sumsum itu mudah tetapi banyak sekali hal-hal yang perlu di perhatikan dalam proses pembuatannya, salah satu yang sering terjadi adalah gumpalan-gumpalan kecil pada tekstur bubur sumsum, serta tekstur bubur yang tidak kenyal, hal ini banyak di pengaruhi oleh pemilihan tepung beras yang akan di gunakan.

Untuk aroma bubur sumsum menggunakan aroma dari daun pandan, bunda bisa menambahkan daun pandan pada adonan santan atau juga pada buburnya. sebagai tips saat pengunaan daun pandan alangkah baiknya di ikat sampul dan di sobek-sobek supaya aromanya lebih keluar.

Seperti halnya masakan lain yang mengunakan santan, mungkin sebagian dari bunda masih kesulitan dengan proses ini mungki takut terkena parut, atau tidak bisa mencongkel buah kelapa dari batok kelapanya, bunda bisa menggunakan santan instan, dan untuk menambah cita rasa bunda dapat menambahkan kayu manis untuk menambah cita rasa, kayu manis dapat di tambahkan pada kuah gulanya.

Sebelum membuatnya mari kita persiapkan bahan-bahan untuk membuat bubur sumsum gula jawa, :

Bahan Bahan Membuat Bubur Sumsum Gula Jawa Menu Berbuka Puasa

No
Bahan
Takaran
Keterangan
1
Tepung beras
100 gram
Gunakan tepung kualitas terbaik
2
Santan Kental
650 ml
Santan dari 1 buah kelapa
3
Daun pandan
4-5 lembar
Gunakan daun yang tidak terlalu tua
4
Garam
½ sendok teh
Gunakan garam beryodium
5
Gula merah
250 gram
Sisir halus
6
Santan kenal
200 ml
Untuk kuahnya
7
Garam
½ sendok teh
Untuk kuahnya

Cara Membuat Bubur Sumsum Gula Jawa Menu Berbuka Puasa

  • Siapkan wadah untuk membuat buburnya terlebih dahulu.
  • Bagi 2 santan yang 650 ml, yang pertama masukan ke panci yang ke dua masukan ke wadah untuk bahan buburnya,
  • Ambil satu wadah yang tadi sudah di beri santan masukan tepung beras, 2 Lembar daun pandan dan garam, adauk sampai benar-benar rata supaya tidak mengumpal.
  • Sementara itu masak santan yang di panci dengan api sedang, setelah mendidi masukan adonan bubur yang sudah di siapkan tadi.
  • Aduk aduk sekiranya sudah mengental atau membentuk bubur maka angkat dan dinginkan.
  • Sekarang tinggal masak sausnya atau kuah gula jawanya.
  • Gunakan panci, masukan 200 ml santan kental yang sudah di periapkan.
  • Masukan 2 buah daun pandan yang sudah di siapkan tadi, ikat sampul.
  • Masak sampai mendidih.
  • Untuk kuah gula jawanya, gunakan panci masukan 1-2 gelas air masukan gula jawa tadi panasakan, tambahkan pandan dan kayu manis
  • Aduk aduk, setelah gula meleleh angkat
  • Kuah santan bisa di campur langsung dengan kuah gula jawa, atau bisa di pisah,
  • Sajikan.
Mudah sekali kan bunda ? selain itu bahan-bahan yang di gunakan sangatlah simple dan mudah di dapatkan, di sinilah perbedaan mendasar masakan tradisional dengan masadakan modern, conoth mudah saja saat bunda membuat brownies, atau case cake yang bahannya agak harus di cari di toko kue, berbeda dengan membuat masakan tradisional.

Untuk tips, bunda bisa menambahkan jahe bila mungkin di butuhkan sebagai penghangat tubuh, jahe bisa di tambakan pada saus atau kuah gula jawa. untuk menghindari menggumpalnya bubur pada saat perebusan harap senantiasa di aduk, selain resep membuat bubur sumsum gula jawa, lihat juga resep lainnya seperti :

Resep Hidangan Berbuka Puasa : Resep Membuat Dawet Ayu Enak Sederhana
Resep Hidangan Santap Saur : Resep Membuat Cah Kangkung Saus Tiram Enak 

0 Response to "Resep Bubur Sumsum Gula Jawa Menu Berbuka Puasa"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel