-->

Resep Membuat Bika Ambon Mini Special

Resep Membuat Bika Ambon Mini Special,  hallo bunda. kali ini saya akan berbagi resep olahan kue, olahan kue Bika Ambon Mini mungkin selama ini bunda hanya mengenal olahan bika  dalam bentuk yang biasa/besar kali ini beda bunda bika yang akan kita buat bentuknya minI, yang pasti bentuknya lebih menarik pastinya disukai oleh anak anak, seperti namanya bika ambon adalah kue khas daerah ambon , kue yang bentuknya seperti kue cake ini sangat termasyur di daerahnya, kue bika yang bertekstur lembut membuat kue ini di sukai olaeh semua kalangan baik anak anak maupun orangtua, juga sangat cocok untuk teman minum kopi ataupun teh, kue ini juga biasa di hidangkan untuk acara keluarga, pernikahan, ataupun arisan keluarga.



Nah bunda menurut saya kue ini sangat cocok untuk hidangan di acara keluarga, contoh saja di acara arisan, bunda pasti sering kan ikut arisan dan pasti sempat menjadi tuan rumahnya, selain kue ini enak bahan bahannya pun sangat simple untuk di cari serta pembuatannya juga mudah jadi menurut saya kue ini sangat cocok untuk bunda yang sedang belajar masak. yang bunda butuhkan sebagai alat cetakan adalah cetakan poffertjes, Cetakan poffertjes bisa di beli pasar pasar jadi bunda jangan khawatir kesulitan untuk mendapatkannya .

Sedikit tips karena kue ini adalah kue yang proses pembuatanya di panggang maka, bunda lebih baik mengunakan api sedang , bika ambon pada biasanya mengunakan bahan kenari, mungkin sebagian dari bunda belum mengenal apa itu kenari, bunda bisa mennganti bahan tersebut dengan bahan bahan lain seperti kacang almond, coklat, ataupun mises dengan warna warna menarik. sekarang kita persiapkan bahan bahanya dulu bunda.



  1. Tepung terigu 100 gram.
  2. Air 125 g
  3. Ragi instan 1 bungkus
BAHAN BUMBU BIKA ABON 
  1. Santan dari kelapa 1 butir kira kira 300 ml.
  2. 20 Lembar daun jeruk di sobek sobek .
  3. 2 lembar daun serai memarkan .
  4. 2 lembar daun pandan.
  5. 350 gram gula pasir.
  6. 2 sendok teh garam
  7. 200 tepung sagu.
  8. 50 gram tepung ketan putih.
  9. 7 butir telur
  10. 30 gram  misis / keju .
CARA MEMBUAT BIKA ABON 
  • panaskan kelapa parut (hasil sisa perasan santan) panaskan hinga berminyak kemudian buang ampasnya.
  • Ambil wadah yang cukup besar masukan semua bahan bahan adonan aduk aduk hinga rata diamkan 15 menit.
  • Rebus santan, masukan  daun jeruk, gula pasir, garam, daun pandan, serai tunggu sampai mendidih.
  • Setelah adonan santan mendidih tanbahkan tepung sagu,tepung ketan dan masukan bahan adonan.
  • Setelah adoan tercampur matikan api diamkan sampai dingin kira kira 2 jam.
  • Panaskan cetakan coffertjes lalu masukan kelapa parut (hasil sisa perasan santan) panaskan hinga berminyak kemudian buang ampasnya, lakukan setiap kali akan memasukan adonan .
  • Masukan adonan satu persatu.
  • Janganlupa taburkan mises/keju di bagian atasnya.
  • Dengan bahan bahan tadi kira kira bunda bisa untuk membuat 80 Bika Ambon Mini.
Gimana bunda mudah mudah kan, memang membutuhkan waktu yang cukup lama , tetapi kalau melihat hasilnya pasti bunda tidak akan kecewa, sekian dulu bunda Resep Bika Ambon Mini Special , bunda bisa melihat resep resep lainnya seperti Resep Membuat Kelepon Isi Gula Merah Istimewa .

0 Response to "Resep Membuat Bika Ambon Mini Special"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel