-->

Resep Martabak Manis Isi Ketan Hitam

Resep Martabak Manis - Siapa yang tidak tahu jajanan yang satu ini, jajanan yang akan dengan mudah kita dapatkan di pedangang makanan pada malam hari. isinya pun bergam baik kacang, coklat, keju, susu maupun buah, harga yang ditawarkan pada jajanan manis ini pun cukup beragam biasanya dijual dengan harga kurang dari 30 ribu, martabak juga memiliki proses pembuatab ayng cukup unik.

Selain enak martabak juga memiliki proses pembuatan yang cukup susah tapi akan menjadi gampang bila bunda sudah terbiasa, perlu diketahu pada saat membuat martabak bunda harus pintar pintar membuat olahannya supaya kue bisa mengembang dengan baik, selain itu dalam membuat kue bunda juga harus menyiapkan loyang yang khusus bunda bisa membelinya di aneka toko roti maupun dipasar.

Kue martabak merupakan kue favorit selain itu kue yang memiliki rasa empuk ini bisa di kombinasikan dengan banyak isian salah satunya dengan isian buah, jika bunda ingin mengisinya dengan buah maka saya saraknkan untuk menggunakan buah nangka maupun buah durian, buah pisang, atau hanya dngan sekedar selai tentunya juga sudah enak, kali ini kita akan membuatnya dengan isian ketan hitam.

Dalam memilih ketan hitamnya sendiri kami sarankan untuk memilih ketan hitam dengan kualitas terbaik, bunda bisa memilih ketan hitam terbaik dengan cara melihat ujungnya jangan memilih ujung ketan yang pecah atau tidak utuh usahakan memilih ketan yang tampilannya sempurna serta tidak terlalu gemuk, selain itu saat menanaknya juga yang cukup lama supaya matang, berikut Resep Martabak Manis Isi Ketan Hitam.

Bahan Membuat Martabak Manis

Resep Martabak Manis Isi Ketan Hitam
Resep Martabak Manis Isi Ketan Hitam 

Bahan
  • 200 gr tepung terigu berkualitas baik
  • soda kue 1/4 sendok makan
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 15 gr mentega
  • gula pasir 50 gr
  • 1/2 sendok teh garam
  • telur ayam 2 butir ( kocok lepas )
  • 1 sendok teh ragi instant
  • 350 ml air matang
  • ketan hitam yang sudah siap pakai secukupnya 
  • kelapa parut secukupnya 
Cara Membuat Martabak Isi Ketan

  1. Campurkan telur, gula pasir, ragi instant, garam, margarine, soda kue, baking powder dan tepung terigu, aduk hingga tercampur rata
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata, diamkan adonan selama 30 menit sampai mengembang
  3. Panaskan wajan martabak lalu tuang adonan secukupnya dan tutup sampai hampir matang
  4. Letakkan ketan hitam pada sebagian atas martabak lalu taburi dengan kelapa parut diatasnya
  5. Lipat martabak lalu diangkat dan dioles dengan mentega kemudian siap disajikan
Martabak Ketan Hitam
Martabak Ketan Hitam 

Martabak sangatlah cocok di sajikan pada saat masih hangat, dinikmati bersama teh manis juga pas, selain itu dalam membuat martabak bunda bisa berkreasi banyak, baik dengan isiannya maupun dengan menambahkan berbagai macam buah, karena sebenarnya yang sulit adalah membuat bahan olahannya alias kuenya, bunda harus menggunakan takaran yang pas saat membuat kue ini supaya rasanya enak.
Baca Juga : Resep Membuat Buntil 
Meskipun demikian rasa kue martabak juga sangat enak apalagi jika disajikan masih panas, seperti yang kita ketahui sendiri bahwa jika kita membeli kue ini di pedagang maka bahan yang digunakan merupakan bahan yang tidak kita ketahui, maka jika bunda membuatnya sendiri pastinya akan menggunakan bahan pilihan dan tentusaja rasa yang dihasilkan akan sangat enak pas dengan isiannya. demikian Resep Martabak Manis Isi Ketan Hitam  semoga bisa bermanfaat untuk bunda

1 Response to "Resep Martabak Manis Isi Ketan Hitam "

  1. Enak ya.. Tapi saya lebih senang martabak yang isinya ragam coklat hehehe

    ReplyDelete

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel