-->

Resep Kering Kentang Gurih Pedas

Resep Kering Kentang - Resep lauk kali ini merupakan salah satu resep lauk kering favorit, rasanya yang enak ditambah dengan citarasa gurih dari kentang menjadi salah satu alasan kenapa kue ini menjadi favorit, karena namana kering kentang maka sudah dapat dipastikan bunda membuatnya dengan menggorengnya sampai kering, citarasa gurih pastinya semakin pas jika bunda bisa menyatukan bumbunya.

Karena resep kali ini kita akan menggunakan kentang maka kami sarankan untuk memililih kentang kualitas terbaik, kentang kualitas terbaik biasanya tidak ada bercak-bercak hitam serta membulat dengan baik, jika saat memotong kentang bunda menjumpai kotor pada bagian dalam maka sebaiknya dibuang saja karena rasa yang akan di timbulkan biasanya cukup pahit, jangan lupa cuci bersih dahulu kentang yang akan digunakan.

Selain itu masakan Indonesia meruapakan masakan yang penuh dengan rempah, salah satunya adalah resep kali ini dimana bunda harus pintar-pintar menakar takaran bumbu supaya menghasilkan rasa yang menyatu, yakni seimbang dengan kentang yang digunakan dan dengan rasa yang dibawa oleh kentang, untuk memberikan rasa terbaik maka kami sarankan untuk menggunakan bumbu-bumbu terbaik untuk membuat kering kentang.

Kombinasi bumbu yang pas tentunya akan menghasilkan rasa yang mantap ditambah dengan kentang kualitas terbaik, resep kentang kali ini merupakan lauk yang sangat pas jika bunda memiliki hajatan atau acara keluarga, bunda juga bisa berkreasi dengan bentuk kentang nya nanti bisa dibuat seperti stik kecil-kecil atau bahkan dibuat seperti keripik kecil, tanpa berlama-lama lagi berikut adalah Resep Kering Kentang Gurih Pedas.

Resep Kering Kentang Gurih Pedas

Resep Kering Kentang Gurih Pedas
Resep Kering Kentang Gurih Pedas

Bahan
  • 500 gr kentang atlantis (merupakankentang khusus untuk kentang goreng)
  • kapur sirih secukupnya
  • Bahan Bumbu
  • 4 sdm gula pasir
  • 4 lbr daun jeruk
  • 2 lbr daun salam
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk (opsional)
  • 1 sdt asam jawa, larutkan dengan 1/3 gelas air
  • garam secukupnya
  • Bumbu Halus
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 bh cabai merah keriting
Cara Membuat
  1. Cara Membuat Sambal Goreng Kentang
  2. Kupas kentang, iris memanjang berbentuk batang korek api. Agar cepat kita bisa menggunakan serutan dengan aray yang cukup besar sehingga didapatkan hasil serutan sebesar batang korek api.
  3. Rendam kentang yang sudah diiris / diserut dengan larutan kapur sirih agar kadar air didalam kentang berkurang. Rendam selama kurang lebih 15 menit, jika sudah selanjutnya tiriskan hingga air rendaman mengering/tidak menetes.
  4. Goreng kentang dengan cara deep fry secara bartahap. Agar hasilnya garing, jangan terlalu banyak memasukkan kentang kedalam penggorengan. Apalagi jika kentang tadinya kita serut, goreng sedikit-sedikit saja agar bisa kering sempurna dan tidak menggumpal. Jika sudah maka sisihkan terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya kita persiapkan sambal gorengnya, tumis bumbu halus beserta dengan daun salam dan daun jeruk hingga tercium bau harum.
  6. Tuangkan air asam jawa, gula pasir, kaldu ayam bubuk (opsional) dan garam secukupnya. Masak hingga airnya mengering dan mengeluarkan aroma harum.
  7. Jika sambal sudah matang kecilkan api, masukkan kentang goreng dan aduk hingga bumbu tercampur rata dengan kentang gorengya.
  8. Bagaimana, cara membuat sambal goreng kentang ternyata cukup mudah bukan? Resep sambal goreng kentang ini bisa bertahan beberapa hari di suhu ruangan. Agar bisa lebih awet dan tahan lama, 
  9. biarkan sambal goreng kering kentang benar-benar dingin baru kemudian dimasukkan kedalam toples atau plastik kemasan.
    Membuat Kering Kentang
    Membuat Kering Kentang
Kentang atlantis merupakan salah satu kentang yang biasanya di gunakan sebagai kering, teksturnya yang cukup keras semakin mepermudah bunda saat menggoreng karena tidak membutuhkan waktu cukup lama seerti kentang lainnya, selain itu untuk bunda yang lebih suka menggunakan kering bentuk stik, maka bisa mencari alatnya di pasar tradisional biasanya akan dengan mudah bunda bisa temui.
Baca Juga : Resep Cumi Goreng Tepung
Resep Kering kentang memang sangat cocok di jadikan menu pengganti bila bunda dirasa sudah bosan dengan resep lauk yang seperti biasanya. di sajikan dalam acara pesta pesta maupun acara keluarga lainnya. dipadukan dengan nasi yang masih hangat tentunya akan membuat kering kentang ini terasa sangat spesial, demikian informasi menggenai Resep Kering Kentang Gurih Pedas semoga bisa bermanfaat.


0 Response to "Resep Kering Kentang Gurih Pedas"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel