-->

Resep Cumi Goreng Tepung Gurih Pedas

Resep Cumi Goreng - Siapa yang tidak kenal dengan hewan laut yang satu ini terkenal dengan teksturnya yang empuk dan kenyal, berbagai aneka masakan olahan cumi pastinya akan dengan mudah sobat dapatkan di restoran sampai dengan masakan pinggiran jalan, seperti halnya makanan seafood yang lainnya cumi-cumi pastinya merupakan makanan yang dijual cukup mahal baik di restoran maupun di pinggiran jalan.

Cumi- cumi merupakan hewan laut yang sangat banyak terdapat di lautan Indonesia, meskipun jika masih hidup hewan ini cukup menyeramkan karena memiliki tentakel-tentakel di sepanjang tubuhnya, namun setelah matang hewan ini akan sangat nikmat terlebih bila bumda bisa mengolah bumnbu-bumbu yang akan memberi nilai plus masaka cumi-cumi, bisanya yang paling terkenal adalah cumi goreng, cumi gongso, cumi sambal.

Menjadi salah satu masakan favorit jika kita mampir di aneka restoran maupun warung pinggiran, tentunya akan membuat bunda penasaran dengan resep nya, kali inikita akan coba membuatnya sendiri, membuat cumi goreng tepung tentunya memerlukan bahan-bahan, namun resep kali ini sangat simple dan bahannya juga akan dengan mudah bunda peroleh, sebagai tips saja bunda haruslah mencuci cumi-cumi yang akan digunakan dengan air mengalir.

Karena pada saat cumi masih hidup cumi memiliki banyak tentakel dan tinta, maka kami sangat menganjurkan untuk bunda bisa mencuci cumi dengan bersih, setelah dicuci dengan bersih lantas cumi kembali di cuci dengan air bersih, jika bunda membelinya saat masih segar alangkah lebih baiknya disiram dahulu dengan air panas supaya lendirnya hilang. berikut adalah bahan-bahan dan Resep Cumi Goreng Tepung Gurih Pedas selengkapnya.

Bahan Membuat Cumi Goreng Tepung Gurih

Resep Cumi Goreng Tepung Gurih Pedas
Resep Cumi Goreng Tepung Gurih Pedas

Bahan.

  • Daging cumi segar yang sudah dibersihkan dan dibuang tintanya sebanyak 750 gram. Pilih ukuran sedang dan potong dengan lebar sesuai selera (jangan terlalu lebar).
  • Jeruk Nipis kurang lebih 2 buah ukuran besar. Ambil air perasannya kurang lebih 1 – 1,5 sendok makan.
  • Telur ayam ukuran besar sebanyak 1 butir.
  • Merica halus atau bubuk sebanyak setengah sendok kecil. Bisa dihilangkan apabila mau memasak untuk anak anak yang tidak suka pedas.
  • Kaldu Ayam bubuk atau instan sebanyak kurang lebih satu sendok kecil.
  • Tepung Terigu halus sebanyak 150 gram
  • Garam dapur yang beryodium sebanyak setengah sendok kecil atau sendok teh.
  • Jahe yang sudah dibersihkan dan diparut sebanyak setengah sendok kecil.
  • Bawah putih lokal satu setengah pcs. Dikupas kulitnya dan diparut alus.
  • Minyak Goreng secukupnya.
Cara Membuat Cumi Goreng Tepung
  1. Cara Memasak dan Goreng Resep Cumi Goreng Tepung Spesial
  2. Cumi yang sudah dicuci bersih dipotong sesuai ukuran dan lebar yang diinginkan. Pastikan cumi sudah melalui tips untuk mengempukkan dagingnya diatas.
  3. Ambil satu wadah ukuran sedang. Lumuri daging cumi yang sudh dipotong dengan air perasan jeruk nipisnya. Aduk sampai rata dan pastikan semua bagian daginnya kena air jeruk nipisnya dan diamkan kurang lebih setengah jam.
  4. Ambil satu wadah lagi untuk adonan celupannya.
  5. Masukkan tepung terigu, garam dapur, merica, jahe, bawang putih dan kaldu ayamnya. Aduk dan campur semua bahan sampai tercampur rata.
  6. Masukkan telurnya dan aduk kembali sampai semua adonan benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  7. Masukkan cumi yang sudah dilumuri air jeruk nipis ke dalam campuran tepung diatas. Bolak balikkan sampai semua bagian cumi tertutup rata oleh adonan tepung.
  8. Siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup banyak. Panaskan dengan api sedang.
  9. Tunggu sampai minyak panas dan masukkan cumi tepung diatas. Jangan memasukkan terlalu banyak supaya matangnya merata.
  10. Bolak balik dan goreng kurang lebih sekitar 3 menit. Jangan terlalu lama supaya hasil jadi cumi goreng tepung tidak keras.
    Cumi Goreng Tepung
    Cumi Goreng Tepung
Cukup Mudah bukan bunda membuat resep Cumi goreng tepung, selain mudah bahan-bahan untuk membuat cumi goreng juga sangat mudah di dapatkan, bahkan di mini market dan pasar tradisional bumbu-bumbu membuat cumi sangat mudah di dapatkan, oh iya jangan sampai lupa pada saat membuat cumi goreng tepung bunda perlu mencuci bersih dahulu bahan-bahannya terutama cumi, jangan lupa siapkan jeruk nipis untuk menghilangkan baunya.
Baca Juga : Resep Keripik Wortel Gurih
Sebagai tambahan bunda bisa menambahkan aneka sambal pilihan, baik sambal pedas atau sambal tomat sebagai cocolan, karena pastinya akan menambahkan rasa yang mantap, jika mau di jadikan lauk maka sajikanlah dengan nasi yang masih panas, karena kandungan gizi yang begitu baik maka resep kali ini juga sangat baik untuk buah hati, demikian informasi menggenai Resep Cumi Goreng Tepung Gurih Pedas Semoga Bermanfaat.



0 Response to "Resep Cumi Goreng Tepung Gurih Pedas"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel