-->

Resep Kue Lupis Sederhana

Resep Kue Lupis Sederhana,- Kue lupis merupakan salah satu warisan kue tradisional indonesia, kue asli indonesia ini merupakan kue yang berbahan dasar beras ketan, sama seperti pada umumnya kue tradisional lainnya yang mengunakan buah kelapa, kue lupis pun sama, cuma bedanya buah kelapa yang di gunakan adalah buah kelapanya yaitu dengan cara di parut kasar dan di jadikan ampas.

Kue lupis merupakan kue yang mudah di dapatkan di pasar-pasar tradisional, kue ini terkenal akan rasa manisnya, serta rasa empuk dar beras ketan.

Sebagai bahan utama untuk membuat kue lupis adalah beras ketan, sebelum bunda menggunakannya sebaiknya bunda merendamnya terlebih dahulu, dengan merendam beras ketan akan membuat ketan lebih pulen tentunya juga untuk membersihkan kotoran di beras ketan.

Tak kalah penting adalah gula jawa sebagai sausnya, bunda perlu pintar- pintar dalam gula jawa karena banyak sekali gula jawa yang mengandung bahan pengawet dan pewarna makanan, saya sarankan saja bunda untuk mengunakan gula jawa yang berwarna hitam pekat, warna hitam pekat merupakan warna asli dari gula nira.

Jangan lupa juga daun pandan sebagai pewangi makanan alami, sebagai saran si menurut saya lebih baik bunda menanam sendiri pohon pandan di rumah, selain lebih praktis, tentu saja akan lebih hemat.

Persiapkan juga buah kelapa, bunda bisa gunakan kelapa yang sudah tua, parut kelapa parutan kelapa di gunakan untuk taburan lopisnya. Selain resep membuat lopis lihat juga aneka resep lainnya di Resep Nusatara.

Bahan-bahan Membuat Lopis Sederhana

No
Bahan
Takaran
Keterangan
1
Beras ketan
300 gran
Rendam 1 jam dengan air
2
Air kapur sirih
½ sendok
-
3
Daun pandan
2 lembar
Ikat simpul, sobek
4
Kelapa tua
½ butir kelapa tua
Parut kasar
5
Garam
¼ sendok makan
-
6
Daun Pisang
Secukupnya
Untuk membungkus

Cara Membuat Lopis Sederhana

  • Masukan air kapur kedalam beras ketan, buat contong dengan daun pisang, bisa membundar jika bunda kesulitan membuatnya.
  • Rebus kurang lebih 5 jam, setelah matang dinginkan.
  • Untuk membuat kuahnya siapkan panci rebus gula jawanya, masukan sedikit garam, masukan juga daun pandan, rebus sampai kental.
  • Kukus kelapa parud, daun pandan dan sedikit garam selama 15 menit.
  • Cara penyajiannya, potong lupisnya gulingkan kedalam kelapa parut, lalu beri saus gulanya.
Sebenarnya mudah kan bund cara membuat lopis, sebagai tips lopis sangat cocok di sajikan dengan teh pahit, teh pahit sangat cocok di sajikan karena lopis sudah manis. untuk air kapur gunakan air nya saja, gunakan daun pisang bagian luar untuk isiannya.

Lihat juga aneka resep kuliner lainnya seperti Resep Tahu Kecap Sederhana Dan Resep Sederhana Membuat Cimol.

0 Response to "Resep Kue Lupis Sederhana"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel