-->

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu Dan Cara Membuatnya

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu - Hai bunda bagaimana hari ini? kali ini kami akan sedikit berbagi sedikit aneka resep kue yang dijamin bakal membuat hari bunda tambah menyenangkan, bagaimana tidak kue yang kita buat nanti akan memiliki tampilan yang menarik salah satunya adalah dengan perpaduan warna dasar yang semakin membuat bunda lebih suka ataupoun anggota keluarga tertarik untuk mencicipi enaknya kue yang bunda buat.

Kue yang menggunakan bahan utama ubi unggu ini nantina akan memiliki perpaduan warna yang menarik, bukan hanya pada topingnnya namun juga pada keju di bagian atas yang membuat kue ini semakin nikmat. jangan lupakan juga bahwa kue berbahan utama ubi ini nanti akan sedikit diberi taburan keju parut, untuk bunda yang tidak suka dengan keju parud maka bisa sedikit menggantinya dengan menggunkan mesis ataupun dengan menggunakan suas coklat ataupun buah.

Sebelum sampai pada bahan-bahan tambahan lainnya kita perlu memperhatian beberapa hal terlebih dahulu yakni memilik ubi ungu yang baik untuk nantinya di buat menjadi kue bolu, salah satunya adalah dengan memilih ubi dengan bentuk yang besar agar nanti mudah saat di hancurkan, pilihlah ubi yang tidak memiliki bercak-bercak pada bagian kulit luarnya, karena biasanya ubi yang memiliki bercak-bercak merupakan ubi yang sudah dimasuki ulat dan membuat rasanya sedikit berubah.

Siapkan juga bunda panci kukus untuk mengukus kue bolu nantinya, panci kukus ini tentunya akan gunakan yang ukurannya sekira-kira pas untuk kue bolunya, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, kocokan telur juga disiapkan, kerena telur yang dikocok tidak terlalu banyak maka bunda bisa menggunakan kocokan biasa tanpa perlu menggunakan Mixer. nah tanpa berlama-lama lagi berikut adalah Resep Bolu Kukus Ubi Ungu Dan Cara Membuatnya selamat mencoba.

Bahan-Bahan Membuat Resep Bolu Kukus Ubi Ungu

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu
Resep Bolu Kukus Ubi Ungu
Bahan Membuat Resep Bolu Kukus Ubi Ungu:
  • 200 gr terigu protein sedang
  • 100 gr ubi kuning kukus, haluskan
  • 100 gr ubi ungu kukus, haluskan
  • 150 gr gula pasir
  • 75 gr white cooking chocolate, lelehkan
  • 75 gr margarin, lelehkan
  • 75 ml santan kental
  • 5 btr telur
  • 1 sdt cake emulsifier/TBM
  • 1/4 sdt garam
  • Keju parut secukupnya untuk topping atau bunda bisa menggunkan toping lain semisal saus coklat atau aneka buah.
Cara Membuat Resep Bolu Kukus Ubi Ungu:
  1. Siapkan panci kukus berukuran cukup besar
  2. isi air dan biarkan panas hingga mendidih. 
  3. Sementara itu kita mempersiapkan adonan browniesnya.
  4. Kocok telur bersama dengan gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang.
  5. Masukkan tepung terigu, aduk pelan-pelan. 
  6. Masukkan lagi santan, white cooking chocolate, margarin dan garam. 
  7. Masukkan secara bertahap sambil diaduk perlahan biar tercampur merata namun ingat jangan mengaduk terlalu kuat dan kalis karena justru nanti adonan akan menjadi kempes melempem dan hasil akhirnya brownies menjadi bantat.
  8. Saatnya membuat lapisan, bagilah adonan menjadi dua bagian, satu untuk lapisan kuning dan satu lagi untuk lapisan ungu. 
  9. Masukkan ubi kuning kukus yang telah dihaluskan ke adonan yang satu dan aduk rata secara perlahan, masukkan juga ubi ungu kukus ke adonan yang satunya lagi, aduk rata juga secara perlahan.
  10. Siapkan cetakan/loyang, alasi dengan kertas roti biar tidak lengket nantinya. 
  11. Tuang adonan kuning, ratakan menggunakan spatula. 
  12. Kukus sebentar biar agak mengeras.
  13. Keluarkan lagi adonan kuning dari kukusan, tuang adonan ungu diatas adonan kuning yang sudah setengah matang dan lakukan dengan cepat. 
  14. Masukkan lagi kedalam kukusan dan kukus sampai matang dengan perkiraan waktu kurang lebih setengah jam.
  15. Setelah matang, 
  16. angkat brownies dan keluarkan dari cetakan.
  17. Olesi permukaan atasnya dengan margarin 
  18. Beri taburan kecu parud atau toping lainnya.
Resep Bolu Kukus Ubi Ungu dengan coklat
Resep Bolu Kukus Ubi Ungu dengan coklat

Untuk bunda yang suka akan membuat kue, sudah barang tentu membuat kue ini sangatlah mudah, namun untuk bunda yang baruu belajar pastinya resep kali ini terbilang rumit karena ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dengan baik salah satunya yang terpentung adalah adaonan supaya bisa menggembang dengan baik, jangan lupakan juga pemilihan ubi ungunya yang baik supaya kue menjadi wangi dan bisa menggembang dengan sempurna.
Baca Juga : Aneka Resep Steak BBQ
Kue bolu kukus ubi ungu ini juga akan sangat tepat bila diberi aneka hiasana supaya membuat kue menjadi lebih enak dan menarik, karena bahan diatas menggunakan bahan keju parud dan untuk bunda yang tidak suka akan keju parud maka bisa diganti dengan aneka toping menarik atau bahkan dengan irisan buah, nah untuk bunda yang ingin menambahkan aneka buah pada kue ini maka bisa menambahaknnya saat membuat adonan seperti pisang dan durian dengan syarat jangan terlalu banyak supaya tidak memnngangu menggembangnya kue. demikian bunda Resep Bolu Kukus Ubi Ungu Dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat. terimakasih

0 Response to "Resep Bolu Kukus Ubi Ungu Dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel