-->

Resep Bubur Ketan Hitam Dan Cara Membuatnya

Resep Bubur Ketan Hitam - Siapa yang tidak kenal dengan bubur, menu cemilan yang satu ini memang banyak sekali jenisnya, bubur sendiri bukan hanya di Indonesia namun di berbagai negara lain bubur juga banyak sekali jenisnya, namun di Indonesia sendiri bubur juga memiliki banyak sekali variasi, salah satunya adalah seperti bubur sumsum, bubur kacang merah, bubur buah wi, bubur kacang hijau, bubur ayam dan bubur lainnya.

untuk kali ini sendiri kita akan membuat bubur ketan hitam, sebenarnya dalam membuat bubur ketan hitam sabgatlah mudah serta bahan-bahan untuk membuatnya juga terbilang sangatlah mudah di dapatkan, untuk bahan utamanya yakni ketan hitam, bunda dapat mencari ketan hitam kualitas premium di berbagai supermarket ataupun pasar tradisional, dengan catatan untuk ketan yang digunakan merupakan ketan premium.

Ciri-ciri ketan premium adalah bentuknya memanjang serta tidak pecah, warna hitam yang dihasilkan pun biasanya terlihat sangat pekat, berbeda dengan ketan putih, selain itu saat mencucinya lebih baik di cuci dengan air mengalir, ketan hitam yang tidak pecah dengan tekstur lebih panjang sangatlah enak di bila bunda merebusnya dengan benar maka akan menghasilkan masakan yang enak dengan rasa pulen yang maksimal.

Salah satu khasiat dari ketan hitam Khasiat ini tidak serta merta bisa mengobati anda dari sakit, perlu diingat ketan hitam ini bukanlah obat. Ketan Hitam dapat membantu menjaga daya tahan tubuh apalagi disaat musim hujan seperti sekarang. Jadi mengkonsumsi lebih banyak ketan hitam akan membuat anda memiliki kekebalan tubuh yang baik. serta untuk anda yang terkena penyakit diabets juga dianjurkan mengganti nasi dengan ketan hitam.

Selain itu Pekatnya ketan hitam mampu menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lembut, juga mengandung antioksidan, mengandung pelembab alami, serta dapat mendinginkan kulit. nah dari banyaknya manfaat yang terkandung dari ketn hitam, maka berikut kami berikan resep sederhana, berikut cara memembuat Resep Bubur Ketan Hitam Dan Cara Membuatnya.

Bahan-Bahan Membuat Resep Bubur Ketan Hitam

Resep Bubur Ketan Hitam
Resep Bubur Ketan Hitam
Bahan
  • 100 gr beras ketan hitam, rendam lebih dahulu selama 2 jam lamanya
  • 2 liter air
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 lbr daun pandan
  • 1/4 sdt garam
Bahan Kuah
  • 200 ml santan kental
  • 100 ml santan cair
  • 2 lbr daun pandan, ikat simpul
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
Cara Membuat Bubur Ketan Hitam
  1. Tiriskan dahulu ketan yang telah direndam sebelumnya
  2. Setelah itu rebus air dan masukkan ketan hitam kedalamnya
  3. Jika telah mendidih kemudian masukkan garam, gula serta daun pandan yang telah diikat simpul
  4. Masak ketan hitam sambil diaduk-aduk supaya ketan hitam tidak lengket atau gosong di panic
  5. Masak dan aduk hingga ketan masak setengah matang dan airnya mengental
  6. Untuk membuat kuah santan, rebus santan cair dan kemudian masukkan santan kental
  7. Masak dan aduk aduk supaya santan tidak pecah
  8. Masukkan daun pandan yang diikat simpul bersama dengan garam
  9. Masak hingga mendidih dan beraroma harum, matikan api
  10. Sajikan bubur kentan di mangkuk saji
  11. siram dengan air santan
  12. Sajikan selagi panas atau sebaliknya saat dingin dengan menggunakan es
    Resep Bubur Ketan Hitam
    Resep Bubur Ketan Hitam
Sebenarnya cukup mudah bukan bunda membuat resep yang satu ini, namun perlu beberapa tips cantik saat membuatnya salah satunya adalah dengan perhatikan proses pengolahan santannya, hati -hati jangan sampai santannya pecah pada saat menghaduk santan yang sedang di panaskan, serta pemilihan kelapa yang baik juga tentu akan berpengaruh pada rasa bubur ketan hitam yang bunda buat serta rasa manis yang dibawa santan.
Baca Juga : Resep Membuat Minuman Blewah 
Dalam membuat bubur ketan hitam ini selain ketan hitam yang perlu diperhatikan ada juga bahan utamnya yakni ketan hitam, bubur ketan hitam ini juga sangat cocok di sajikan dengan es bila bunda lebih suka memakannya dalam keadaan dingin, tapi menurut kami masakan yang satu ini lebih baik di nikmati saat masih panas atau hangat, bila kurang manis bunda juga bisa menambahan pemanis tambahan, demikian Resep Bubur Ketan Hitam Dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat.


0 Response to "Resep Bubur Ketan Hitam Dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel