-->

Resep Ayam Bakar Cincane Khas Kalimantan Timur

Resep Ayam Bakar Cincane - Resep kali ini merupakan resep khas dari daerah samarinda ayam bakar cincane merupakan ayam bakar ayam bakar yang memiliki ciri khas bumbu yang sangat khas, hampir sama dengan ayam taliwang ayam bakar Cincane merupakan ayam bakar yang menggunakan gula jawa atau gula merah sebagai pelengkap.

Untuk anda yang sudah pernah berkunjung ke samarinda pastinya sudah mencicipi nikmatnya ayam cincane, dengan tekstur ayam bakar yang gurih dipadukan dengan racikan bumbu yang pas rasanya akan membuat bunda ketagihan untuk mencicipi resep kuliner yang satu ini, disajikan dengan lalapan dan nasi yang masih hangat rasanya sangatlah pas mencicipi masakan yang satu ini bersama keluarga.

Hampir sama dengan ayam taliwang ayam bakar yang satu ini juga menggunakan bahan rempah-rempah sebagai kekuatan utamanya, selain itu bunda juga perlu memilih ayam terbaik, disarankan bunda untuk menggunakan ayam jawa sebagai pilihan dari pada ayam negri yang banyak menggandung vaksin.

Daripada jauh jauh ke kalimantan kalau bunda sudah tahu lebih baik membuat sendiri, selain lebih hemat membuat makanan sendiri akan menjamin kehigienisan sebuah masakan, terutama untuk bunda yang mempunyai buah hati tentunya higienitas menjadi faktor utama dari sebuah makanan selain gizi .
Resep Ayam Bakar Cincane Khas Kalimantan Timur
Resep Ayam Bakar Cincane Khas Kalimantan Timur
Dalam membuat ayam bakar perlu diperhatikan bebrapa hal, salah satunya adalah pada saat bunda menggunakan arang, lebih baik menggunakan arang kayu, selain itu untuk bunda yang tidak terbiasa lebih disarankan untuk menggunakan kipas angin, jangan lupa siapkan juga alat panggangan daging yang pas dengan yang akan bunda gunakan.

Dalam membuat ayam bakar cincane bahan-bahan yang digunakan sangalah sederhana, bunda tidak perlu jauh-jauh pergi ke samarinda hanya untuk mendapatkan bumbunya, selain resep ayam bakar cincane bunda juga dapat melihat berbagai resep lainya seperti resep membuat kue dan aneka minuman, berikut Resep Ayam Bakar Cincane Khas Kalimantan Timur :

Bahan Membuat Ayam Bakar Cincane

  1. Daging ayam 1 kg potong sesuai selera
  2. Jahe 4 cm iris tipis
  3. Lengkuas 4 cm iris tipis
  4. Serai 2 batang geprek
  5. Daun salam 2 lembar
  6. Gula merah 2 sdm
  7. Terasi 1 sdt
  8. Santan 600 ml
  9. Minyak secukupnya
Haluskan
  1. Bawang merah 5 butir
  2. Bawang putih 4 siung
  3. Cabe merah 6 buah
  4. Cabe rawit 3-4 buah

Cara Membuat Ayam Bakar Cincane

  • Panasakan wajan
  • Tumis Semua bumbu halus, masukan juga terasi yang sudah dibakar, jahe, lengkuas, serai dan daun salam, tumis sampai keluar bau harumnya, masukan semua bumbu
  • Tuangkan santan kedalam tumisan
  • Beri garam dan gula merah, aduk sampai merata, aduk terus sampai santan tidak pecah
  • Olesi bumbu tadi kepada ayam yang mau dibakar, lebih bagus lagi bila direndam dengan bumbu sampai bumbu cukup meresap
  • Bakar sampai matang
Cukup mudah bukan bunda cara membuatnya, sebagai tips jangan lupa untuk menggunakan arang kayu supaya pembakaran lebih sempurna, bunda juga bisa menyayat daging supaya bumbu lebih meresap, untuk penggunaan terasi lebih enak untuk dibakar dahulu, serta cabai bila terlalu pedas bunda bisa mengguranginya.
Ayam Bakar Jawa
Ayam Bakar Jawa
Note :
  1. Untuk resep yang kami tulis merupakan resep masakan yang dapat kami petanggung jawabkan
  2. Semua resep yang kami referensikan merupakan resep yang sudah kami coba, lalu kami tulis ringkasannya
  3. Untuk takaran Penyedap rasa sengaja tidak kami tampilkan untuk menjaga kesehatan rasa, bunda bisa menambahkan sendiri apabila perlu

          0 Response to "Resep Ayam Bakar Cincane Khas Kalimantan Timur"

          Post a Comment

          Resep Masakan Favorit

          Iklan Atas Artikel

          Iklan Tengah Artikel 1

          Iklan Tengah Artikel 2

          Iklan Bawah Artikel