-->

Resep Kue Klepon Khas Jawa Tengah Dan Cara Membuatnya

Resep Kue Klepon - Hai bunda apa kabar ? masak apa siang ini kali ini kami akan sedikit berbagi tips sederhana membuat kue, kue yang akan kami bagikan sendiri merupakan kue tradisional, untuk bunda yang sering ke pasar pastinya akan sangat sering menjumpai kue ini, kue yang memiliki ciri khas warna serta pada bagian dalamnya terdapat gula jawa atau gula merah ini menjadi kue yang laris diburu pecintannya.

Dengan semakin ramainnya trend memasak membuat kue kelepon semakin bisa diterima dengan baik, selain orang tua yang suka akan kue ini sekarang juga banyak anak muda yatelah menggolah kue kelepon menjadi beberapa varian contoh saja kue kelepon dengan isian coklat, isian selai buah dan ada juga yang membuat kelepon goreng, beberapa macam varian kue kelepon ini setidaknya semakin membuat Kue kelepon bisa diterima oleh semua kalangan.

Dalam membuat kue kelepon sendiri bunda perlu memperhatian beberapa hal supaya nanatinya kue kelepon yang bunda buat enak, salah satu tipsnya adalah dengan penggunaan tepung beras kualitas terbaik, penggunaan tepung beras kualutas terbaik tentunya akan menjadikan kue kelepon anntinya akan lebih kenyal, di samping itu pemilihan kelapa parud juga perlu di perhatikan usahakan jangan menggunakan kelapa parud yang terlalu tua supaya nantinya kue kelepon menjadi lembut.

Bunda perlu juga memperhatikan beberap hal saat membuat kue klepon, salah satunya pemilihan gula merahnya, usahakan pilih gula merah yang memiliki tekstur warna tidak terlalu hitam, hal ini dilakukan supaya bau dari kue yang bunda bikin tadi tidak terusak oleh bau yang tajam dari gula tersebut, tanpa berlama-lama lagi berikut adalah Resep Kue Klepon Khas Jawa Tengah Dan Cara Membuatnya selamat mencoba.

Bahan-Bahan Membuat Kue Klepon Khas Jawa

Resep Kue Klepon
Resep Kue Klepon
Bahan :
  • 50 gram tepung beras kualitas terbaik.
  • 250 gram tepung ketan halus.
  • 2 sdm pasta hijau atau pewarna hijau.
  • 200 gram gula merah, iris tipis.
  • 1 lembar daun pandan, buat simpul.
  • 100 gram kelapa parut.
  • 200 ml air bersih.
  • 2 sdt air larutan kapur sirih.
  • ½ sdt garam.
Cara Membuat Kue Klepon :
  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan. 
  2. Masukkan tepung beras dan tepung ketan. 
  3. Aduk rata. Setelah itu, masukkan pasta pandan dan air kapur sirih, aduk rata.
  4. Kemudian, masukkan air matang sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan dirasa cukup lentur untuk dibentuk.
  5. Jika adonan sudah cukup lentur, bulatkan sesuai selera mau berapa besar, lalu pipihkan dan masukkan irisan gula merah secukupnya. 
  6. Bulatkan kembali. Lakukan proses ini hingga semua adonan sudah dibentuk semua.
  7. Lalu, panaskan air untuk merebus adonan klepon yang sudah dibentuk tadi dengan api sedang. Tunggu sampai adonan mengapung. Tiriskan.
  8. Siapkan kukusan. Sementara itu ambil wadah berukuran sedang dan masukkan parutan kelapa, garam, dan daun pandan. Kukus sebentar.
  9. Kemudian, ambil kue klepon yang sudah direbus dan gulingkan ke dalam parutan kelapa tadi secara satu per satu.
  10. jika lebih simpan di lemari pendingin namun ter[isah dengan ampas
  11. Dan saat mau di konsumsi lagi sebaiknya di kukus sebentar supaya hangat
    Resep Kue Klepon Variasi
    Resep Kue Klepon Variasi
Demikian bunda resep kue klepon khas jawa tengah, sebagai tips saja bunda perlu memperhatikan beberapa hal saat membuat kue ini, pemilihan bahan yang berkualitas tentunya akan menghasilkan kue yang lebih enak, jangan lupakan juga bahwa kue klepon sangat cocok jika di sajikan saat ada beberapa acara penting seperti adanya hajatan, adanya acara keluarga lainnya, kue kelepon juga lebih nikmat di sajikan dengan minuman hangat.
Baca Juga : Resep Cakwe Goreng
Untuk bunda yang suka dengan aneka kreasi masakan maka kue klepon ini juga bisa menjadi kue klepon yang memiliki banyak rasa yakni dengan cara mengisi kue kelopon tersebut dengan aneka isian yang menyenangkan salah satunya adalah coklat, atau selai buah semisal strawbery dan durian. nah demikian bunda Resep Kue Klepon Khas Jawa Tengah Dan Cara Membuatnya semoga bisa bermanfaat untuk bunda dan keluarga.

0 Response to "Resep Kue Klepon Khas Jawa Tengah Dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel