-->

Resep Ayam Goreng Kalasan khas Jawa

Resep Ayam Goreng Kalasan - Nampaknya tidak akan ada habisnya jika kita membahas mengenai olahan masakan dengan bahan daging ayam, untuk kali ini saya akan berbagi resep ayam goreng dari daerah Yogyakarta tepatnya daerah kalasan, seperti yang sudak kita ketahui citarasa dari masakan jogyakarta adalah manis dengan pemakaian gula jawa.

citarasa dari ayam yang di ungkep membuat ayam terasa lebih empuk ditambah penggunaan santan pada saat perebusan menjadi faktor pembeda dalam pembuatan ayam goreng taliwang ini, untuk bunda pecinta masakan pedas belum pas rasanya jika menyajikan ayam goreng tanpa sambal ayam goreng taliwang juga enak disajikan dengan sambal lamongan.
Resep Ayam Goreng Kalasan Khas Jawa
Resep Ayam Goreng Kalasan Khas Jawa
Untuk penggunaan ayam bunda bisa menggunakan ayam lokal meskipun begitu akan lebih baik jika menggunakan ayam jawa dengan di beri olesan jeruk nipi akan membuat ayam tidak amis seta membuat ciratasa yang pas, seperti yang sudah kita ketahui ayam taliwang merupakan resep yang kaya akan bumbu.

ayam goreng taliwang ini sangatlah cocok dihidangkan pada saat makan malam, meskipun banyak sekali restoran yang menawarkan ayam taliwang rasanya tidak salah jika bunda mengetahu resepnya serta dapat membuatnya sendiri dirumah, dengan membuatnya dirumah tentunya akan menambah kehigienisan sebuah masakan.

Untuk sambalnya bunda bisa menggunakan sambal lamongan dengan menambah takaran cabai yang cukup akan menghasilkan sambal yang pas, sebagai bahan referensi berikut adalah Resep Sambal Lamongan, gunakan ayam yang belum cuku dewasa untuk daging yang lebih kenyal jika terlalu tua biasanya hasilnya kurang maksimal.

Selain resep membuat ayam goreng simak juga aneka resep pilihan kami di rumbungresep yang tentunya akan menambah citarasa yang tak tertandingi serta dengan mudah bunda bisa membuatnya sangatlah cocok untuk bunda yang sedang belajar memasak dirumah, berikut adalah Resep Ayam Goreng Kalasan Khas Jawa  :

Ayam Bakar Kalsan Khas Jawa
Ayam Bakar Kalsan Khas Jawa

Bahan Membuat Ayam Goreng Taliwang

  1. Daging Ayam 1 kg
  2. Air Kelapa 500 ml
  3. Air 200 ml
  4. Daun salam 2 lembar
  5. Lengkuas Digeprek
  6. Bawang putih 5 siung
  7. Gula merah 2 sdm
  8. Garam 1 sdm
  9. Soda Kue 1/4 sdm
  10. Kaldu bubuk 1/2 sdm
  11. Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Ayam Taliwang

  • Lumuri dahulu ayam dengan jeruk nipis selama 10 menit
  • Siapak panci tuankan air 200 ml
  • Masukan air kelapa, masukan juga daun salam, lengkuas yang sudah digeprek, bawang putih,garam,gula merah,soda kue dan kaldu bubuk, aduk sampai rata.
  • Setelah didihkan baru kemudian masukan daging ayam yang sudah dipotong-potong, tutup panci atau ungkep hingga airnya habis serta ungkep ayamnya, angkat dan tiriskan.
  • Goreng daging sampai ayamnya berwarna kecoklatan
Cukup mudah kan bunda cara Ayam goreng Kalasan Khas Jawanya, sebagai tips pada saat menggoreng gunakanlah minyak dengan api sedang saja dan saat menggoren ayam belah daging ayam supaya dagng bagian dalam ikut garing, karena ayam yang akan di gunakan sudah dibumbui biasayan menggorengnya bisa sebentar.
Baca Juga : Resep Es Pisang Ijo Khas Makasar
  Note :
  1. Untuk resep yang kami tulis merupakan resep yang dapat di pertanggung jawabkan.
  2. Semua resep yang kami Reverensikan merupakan resep yang sudah kami coba, lalu kami tulis kembali.
  3. Untuk Takaran penyedap rasa lebih baik di hilangkan, untuk menciptakan masakan yang bergizi dan menyehatkan.

0 Response to "Resep Ayam Goreng Kalasan khas Jawa"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel