-->

Resep Sop Bola Ayam Sayuran Dan Cara Membuatnya

Resep Sop Bola Ayam Sayuran - Hai Bunda apa kabar? ingin masak apa hari ini, kali ini kami akan membagikan resep tentang cara membuat Sop Bola Ayam Sayuran. dari dulu hingga sekarang ayam merupakan salah satu makanan faforit yang digemari banyak orang. selain memiliki rasa yang lezat daging ayam ini juga tergolong lebih murah dibandingkan dengan daging sapi atau daging kambing. meskipun memakai bahan baku yang sama tetapi daging ayam ini memiliki cita rasa tersendiri.

Untuk pemilihan daging ayam yang benar ialah dengan cara memilih daging ayam yang masih segar. daging ayam yang masih segar mmiliki ciri kulitnya masih tampak segar, lembut, pori kulitnya licin serta kakinya tidak memar dan terlihat bersih tidak berair. daging ayam segar biasanya harus dimasak dan hanya tahan 4 sampai 5 hari setelah dipotong. apabila bunda tidak ingin langsung mengolah daging ayam menjadi menu masakan, lebih baik sebelum disimpan dicuci bersih dan ditiriskan terlebih dahulu. simpan dalam wadah tertutup dan letakan di lemari pendingin atau freezer.

Karena resep kali ini menggunakan sayuran yang salah satunya adalah menggunakan sawi alangkah baiknya bunda tau cara memilih sawi yang baik dan segar ialah dengan melihat daunnya masih tampak segar (tidak tampak layu), hindari sawi yang sudah bernoda atau bertitik-titik hitam terutama di ujung daun. sawi putih bisa bertahan selama seminggu didalam lemari pendingin. membiarkan sawi putih terkena langsung oleh cahaya matahari bisa membuat sawi putih cepat layu dan akan terasa pahit.

Masakan ini punya kadar protein dan vitamin pada sayuran yang menjadikan Sop Bola Ayam Sayuran ini dijadikan resep favorit untuk bunda dan keluarga dirumah. namun ingat jangan terlalu sering memakannya karena bisa bikin kolesterol bunda naik, namun dalam sebulan beberapa kali tidak apa-apalah. Nah bunda tanpa berlama lama lagi inilah Resep Sop Bola Ayam Sayuran Dan Cara Membuatnya selamat mencoba

Bahan-Bahan Membuat Sop Bola Ayam Sayuran

Resep Sop Bola Ayam Sayuran
Resep Sop Bola Ayam Sayuran
Bahan :
  • 300 g sawi putih, potong 4cm atau sesuai selera
  • 1 1/2 liter air
  • 5 siung bawang putih, memarkan
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • Minyak goreng secukupnya
  • 125g daging ayam giling
  • 2 sdm tepung tapioca 
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
Cara Membuat Sop Bola Ayam Sayuran :
  1. untuk membuat bola ayam: didalam mangkuk, aduk rata seluruh bahan
  2. Ambil 2 sdt adonan, bulatkan
  3. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan
  4. Panaskan 2 sdm minyak di dalam panci
  5. Tumis bawang putih hingga harum
  6. Masukan air dan penyedap rasa ayam, didihkan
  7. Tambahkan sayur sawi, masak hingga layu
  8. Tuangkan telur perlahan sambil diaduk hingga berserabut
  9. Tasukan bola ayam, tunggu hingga mendidih
  10. Sop Bola Ayam siap disajikan
Cukup mudah kan bun? meskipun bahannya cukup banyak namun tetap mudah ditemukan pada pedagang pasar tradisional maupun supermarket. untuk tips menggoreng bola ayam agar matang merata harus diatas api kecil dan dengan minyak yang sudah panas. kunci utama dari menggoreng adalah permainan api perhatikan besar kecilnya api agar hasil gorengan enak dan tidak terlalu matang atau sebaliknya masih mentah.
Jangan lupa untuk berbagi makanan hasil kreasi bunda dirumah dengan kerabat atau tetangga disekeliling bunda agar hidup senantiasa selalu berkah dan bermanfaat. untuk kreasi masakan lainnya bunda bisa main ke aneka resep menarik kami selain mudah di pahami resep yang kami buat kali ini juga simple dan sederhana. Nah bunda demikian Resep Sop Bola Ayam Sayuran Dan Cara Membuatnya semoga bermanfaat untuk bunda dan keluarga dirumah. Selamat mencoba.

0 Response to "Resep Sop Bola Ayam Sayuran Dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Resep Masakan Favorit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel